Rabu, 09 Januari 2013

Belenggu Mental

Kebanyakan orang bisa jadi seperti gajah yang ada di sirkus.
Pernahkah kamu melihat gajah sirkus yang ada di tengah arena, terikat pada sebatang kayu kecil yang tertancap di tanah. Kayu ini hanya sebesar pasak tenda.
Gajah adalah binatang yang sanggup untuk mengangkat beban seberat 1000 kg, tetapi bisa terikat hanya dengan sebatang pasak kayu kecil dan tidak ada keinginan untuk melepaskan diri.
Mengapa demikian?
Karena gajah ini semenjak kecil sudah dibiasakan terikat dengan rantai besi dan pasak yang cukup kuat. Saat gajah ini kecil, betapa kuatpun dia memberontak dan berusaha melepaskan diri dari rantai ini, gajah ini tidak bisa dan tidak cukup kuat untuk melepaskan diri.
Sampai akhirnya setelah lelah mencoba terus dan tetap tidak bisa, keyakinan ini melekat pada si gajah. Saya tidak bisa, dan tidak akan bisa melepaskan diri. Sehingga setelah beranjak besar, keyakinan ini masih terbawa dan si gajah tidak pernah ingin mencoba lagi untuk melepaskan diri.
Seringkali ini juga terjadi pada diri kebanyakan orang. Banyak keyakinan yang didapatkan sejak dulu yang belum tentu benar sekarang menjadi pembatas bagi diri banyak orang.
Mungkin menjadi batasan juga bagi mimpi anda. Cobalah untuk mengenali pasak-pasak kecil anda, siapa tahu sekarang sebenarnya anda cukup kuat untuk bisa melepaskan diri dari pasak-pasak kecil tersebut. Kamu cukup kuat untuk itu, hanya perlu bertindak. Tinggalkan pembatas kamu dan raihlah impianmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.