Selasa, 26 November 2013

Belajar Bikin Game dengan LUMINOV

Belajar Bikin Game dengan LUMINOV

November 20, 2013 : by Debora Thea / Universitas Multimedia Nusantara News Service

LUMINOV, studio game creator WAFER FACTORY memberikan tips and trick seputar pembuatan game tersebut kepada mahasiswa-mahasiswi ICT UMN, Rabu (20/11). WAFER FACTORY dinobatkan sebagai juara pertama di ajang GemFest 2013 yang diselenggarakan oleh Kreon Mobile Oktober silam. 

Dilihat dari namanya, WAFER FACTORY bisa digambarkan sebagai game yang berhubungan dengan produksi wafer di pabrik. Ya, dalam puzzle game ini pemain ditugaskan untuk menumpukkan layer-layerwafer menjadi wafer yang lebih besar dan lebih bagus kemudian dimasukkan ke kotak yang tepat sesuai dengan rasa (strawberry, susu, coklat dan sebagainya). Semakin tinggi level semakin banyak pula tantangan yang harus dihadapi. 

Pembuatan game ini sendiri dari sejak pembuatan konsep hingga prototype selesai memakan waktu hampir dua bulan. Semuanya diawali dari mencari inspirasi dan brainstorming ide. “Kita lihat dari kebutuhan apa yang mau kita jawab melalui game kita. Setelah dipikir-pikir akhirnya ada dua, game ini bisa dimainkan oleh segala umur dan kalangan. Maka itu kita bikin puzzle game karena selain semua orang di dunia memainkannya, pasarnya juga luas. Kemudian, terintegrasi juga dengan sosial media,” jelas Ivan Jayadi dari Luminov. Tujuannya dibuat agar terhubung dengan sosial media  seperti facebook dan twitter supaya pemain dapat saling adu skor serta membeli item yang berhubungan dengan game. 

Kekuatan lain dari WAFER FACTORY sehingga bisa muncul sebagai game puzzle yang outstanding ialahgameplay yang berbeda dan keluar dari tendensi game developer dunia. “Kebanyakkan dari mereka mengambil game yang sudah terkenal dan bikin yang sama persis tapi item dan asetnya diganti-ganti,” kata Ivan. Untuk WAFER FACTORY, dicitpakan cara bermain yang baru dan grafis yang menggunakan warna dark sehingga terkesan agak suram. Dengan warna unik tersebut diharapkan publik dapat dengan mudah mengenal, mengingat dan menciptakan image tersendiri di mata pemain sebagai game khas buatan Luminov. 

Seusai mengumpulkan inspirasi baru dilakukan eksplorasi seluas-luasnya untuk seluruh elemen yang bisa digunakan untuk game serta variasi agar tidak membosankan, namun yang paling penting ialah ‘wow’ efek, sesuatu yang bisa membuat pemain tetap termotivasi untuk terus bermain. “Ada dua tahap yang harus diperhatikan. Pertama, dari calon pemain menjadi pemain perlu sesuatu yang menarik mereka untuk mencoba dan download game. Kedua, setelah dia mulai main, kita berikan tantangan sehingga enggak bosan untuk main,” jelas Ivan. Efek yang diterapkannya dalam WAFER FACTORY seperti menambahkan fitur-fitur baru; achievement dan quest, tiba-tiba wafer bisa keluar racun atau ada bomnya. Selain itu ditambahkan story untuk setiap beberapa level. Semakin tinggi level semakin menantang. Ivan menyebutnya sebagai easy to play, hard to master

“Saat buat game, kita harus bisa fokus dengan apa yang ingin dibuat. Tentukan satu arah, kalau ada yang tidak cocok dengan tujuan game itu kita relakan. Lalu untuk tahap mengerjakan prototype, mulai dari pengembangan aset, memperbagus aset, coding, semuanya dilakukan bertahap, tidak dikerjakan langsung kelar semua. Harus sabar,” pesan Ivan kepada peserta seminar. 

Selain sharing tips dan trick, General Manager Luminov Tanaka Murinata turut menyadarkan peserta terhadap tantangan pengembangan game di Indonesia, yakni mindset konsumen, SDM dan promosi “Di Indonesia pembelian aplikasi sedikit karena kebanyakkan masih download. Dari sisi SDM, programmerIndonesia masih belum banyak. Dan terakhir, untuk launching game juga sedikit sulit. Game ada di Playstore supaya bisa didownload itu tidak gampang. Harus bersaing dengan jutaan aplikasi lainnya,” jelas Tanaka. 

Dengan ilmu yang telah dibagikan oleh Luminov pagi ini, mahasiswa-mahasiswi ICT UMN diharapkan dapat menghasilkan game-game yang tak kalah menarik dan outstanding serta bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada, kemudian muncul sebagai insan-insan berprestasi untuk almamater dan negri. (*)

Kuliah di Jakarta untuk jurusan program studi Teknik Informatika|Sistem Informasi|Sistem Komputer|Akuntansi|Manajemen|Ilmu Komunikasi|Desain Komunikasi Visual, di Universitas Multimedia Nusantarawww.umn.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.